Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Indonesia hanya memiliki dua musim ?

Assalamu'alaikum sobat warunk ilmu, saya author baru di blog ini nama saya Faisal dan sekarang sedang menyelesaikan tugas akhir di salah satu perguruan tinggi negri di Jawa Barat.

Oke sobat, kali ini saya akan menjelaskan kenapa sih Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau atau biasa disebut iklim tropis.

Iklim tropis adalah iklim yang mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. berdasarkan letak astronimisnya iklim tropis terletak di 23,5°LU – 23,5°LS. Iklim tropis dikenal memiliki curah hujan tinggi (basah) karena mendapatkan radiasi matahari paling banyak sehingga memungkinkan terbentuknya awan konvektif akibat dari pemanasan permukaan.


Di Indonesia penyebab terjadinya musim kemarau dan musim hujan karena adanya monsun Australia dan monsun Asia. Monsun adalah pembelokan arah angin utama dari arah datangnya angin. Mari kita ulas tahap demi tahap ya guys.

Gerak semu tahunan matahari mempengaruhi musim di Indonesia. Saat bulan Desember matahari berada di Belahan Bumi Selatan, akibatnya wilayah ini menjadi pusat tekanan rendah. Angin bergerak dari tekanan tinggi ke takanan rendah. Angin dari Samudera Pasifik yang membawa banyak uap air bergerak menuju ke pusat tekanan rendah di Belahan Bumi Selatan melewati Indonesia lalu kemudian dibelokkan oleh Gaya Coriolis (Gaya yang diakibatkan oleh rotasi Bumi) sehingga di Indonesia menjadi musim hujan pada bulan Desember Januari Februari.
Gambar 1 Peta Sinoptik arah angin saat monsun Asia (musim hujan)

Sebaliknya pada saat bulan Juni matahari berada di Belahan Bumi Utara, akibatnya wilayah ini menjadi pusat tekanan rendah. Angin bergerak dari Belahan Bumi Selatan menuju Belahan Bumi Utara kemudian dibelokkan oleh gaya coriolis melewati Indonesia. Karena Belahan Bumi Selatan (Australia) sebagian besar adalah gurun maka angin yang bergerak bersifat kering sehingga Indonesia terjadi musim kemarau pada bulan Juni Juli Agustus.

Gambar 2 Peta sinoptik arah angin saat monsun Australia (musim kemarau)
Gambar 3 Bagaimana rotasi Bumi membelokkan arah angin 

Cukup sekian sobat warunk Ilmu semoga bermanfaat untuk kalian dan bisa menambah wawasan kalian. Apabila ada koreksi dan pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya guys. 

Sekadar informasi, karena saya kuliah Geofisika & Meteorologi kemungkinan konten yang saya buat berkaitan dengan hal tersebut ya hehe

Wassalamu'alaikum

Post a Comment for "Mengapa Indonesia hanya memiliki dua musim ? "