Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bintang Aldebaran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Haii guys
Berhubung baru – baru ini saya  baca novel  Tereliye “Ceros dan Batozar”. Dalam novel itu diceritakan bahwa ada klan baru yaitu klan Aldebaran, nah dari situ saya  penasaran apa itu Aldebaran? Untuk kalian yang berzodiak taurus mungkin Aldebaran ada hubungannya dengan zodiak kalian,Okee mari kita bahas mengenai Aldebaran.

Okee,sebelum itu mari kita menyebut Aldebaran dengan sebutan “Bintang Aldebaran” yang mana kita tahu bahwa bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya.

Nama dari bintang Aldebaran berasal dari bahasa Arab yaitu al-dabarān (الدبران)  yang mempunyai arti “pengikut”. Dinamakan pengikut karena bintang Aldebaran terbit segera setelah gugus bintang Pleiades yang seolah-olah memperlihatkan bahwa bintang Aldebaran selalu mengikuti ke manapun gugus bintang Pleiades pergi.
  Gambar diatas adalah gugus bintang Pleiades yaitu sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus.

Bintang Aldebaran dahulu kala berawal dari budaya Mesopotamia yang merupakan salah satu dari empat bintang dari kerajaan Persia. Tiga bintang lainnya adalah Antares di Scorpius, Regulus di Leo, dan Fomalhaut di Piscis Austrinus.
Bintang Aldebaran merupakan bintang yang terletak dalam rasi bintang Taurus yang bersebelahan dengan rasi bintang Orion. Bintang Aldebaran juga merupakan bintang paling terang di dalam rasi Taurus karena magnitudonya rata-rata 0,87. Magnitudo Mutlak bintang menunjukkan seberapa terang bintang bila diletakkan sejauh 10 pc dari pengamat (1 pc = 3,26 tahun cahaya). 1 tahun cahaya artinya jarak yang ditempuh cahaya selama 1 tahun. Oleh karena itu, bintang ini mudah ditemukan di langit karena sinarnya paling terang dalam langit malam dan lokasi bintang ini berada dikepala Taurus sehingga dijuluki sebagai mata banteng atau Bull’s Eye.
Gambar diatas adalah ilustrasi perbandingan antara diameter Bintang Aldebaran dengan Matahari.

Kok Bintang Aldebaran besar banget? Karena Bintang Aldebaran ini memiliki Diameter mencapai 44,2 kali lebih besar dari Matahari yang artinya permukaan bintang ini akan mencapai orbit Merkurius jika matahari dalam sistem tata surya kita digantikan dengan bintang Aldebaran.
Okee, ini lah pembahasan mengenai Bintang Aldebaran, semoga bermanfaat;) 


Menariknya, Bintang Aldebaran memiliki bintang pendamping kecil, yaitu sebuah katai merah kelas-M yang berjarak sekitar 3,5 hari cahaya dari bintang Aldebaran sendiri. Oleh karena itu, cahaya dari bintang Aldebaran untuk mencapai bintang pendampinya membutuhkan waktu sekitar 3,5 hari. Hal ini tentu sangat berbeda dengan cahaya dari matahari yang hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja untuk mencapai planet bumi.

Bintang Aldebaran diklasifikasikan sebagai bintang dengan tipe K5 III dengan diameter sekitar 61 juta kilometer. Dalam diagram Hertzsprung-Russell, bintang Aldebaran merupakan bintang raksasa berwarna orange kemerahan yang telah berevolusi dari deret utama. Bintang ini memiliki jarak dari Bumi sekitar 65 tahun cahaya (20,0 parsec) berdasarkan pengukuran oleh satelit Hipparcos.

Bintang Adebaran merupakan bintang yang panas. Dengan diameter lebih besar dari matahari , hal ini menjadikan suhu permukaan Aldebaran 3,910 K dan memiliki massa sekitar 50 persen lebih besar dari matahari. Memiliki suhu permukaannya lebih rendah dari matahari yaitu kira-kira 4.000 kelvin, sementara matahari sekitar 5.800 kelvin. Selain itu, pancaran cahaya dari bintang Aldebaran diperkirakan bisa 425 kali lebih terang daripada matahari, oleh sebab itu kita dapat melihat aldebaran dengan mudah.

Post a Comment for "Bintang Aldebaran"