Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriptografi

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai, guys :D

Kali ini gua mau bahas Kriptografi nih.
Ada yang tau Kriptografi itu apa ?
tik, tik, tik....
Oke gua kasih tau ya ..
Kriptografi berasal dari Kata kriptografi berasal dari bahasa Yunani, “kryptós” yang berarti tersembunyi dan “gráphein”. Ya bisa dibilang kriptografi itu semacam pesan yang dikemas dengan menggunakan kunci tertentu sehingga tidak mudah dibaca. 


Sebelum lanjut kita harus tau dulu nih tentang Enkripsi.Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Bisa disimpulkan bahwa Enkripsi adalah sebuah proses menanamkan kunci tertentu pada sebah pesan.

Nah gimana kalo kita mendapatkan sebuah pesan yang telah terenkripsi oleh sebuah kunci.Simpel aja sih 

Kita hanya perlu melakukan hal yang sebaliknya yaitu mendeskripsikan pesan yang telah terenkripsi, namun kita tak akan mudah jika kita tidak tahu kuncinya. 

Sedari tadi gua selalu bilang kunci, kunci dan kunci.Kunci disini itu merujuk pada persandian apa yang di gunakan untuk mengenkripsi sebuah pesan.


Yuk, kita kenalan dulu terhadap beberapa persandian di bawah ini :

  1. Sandi Caesar
    Kriptografi sudah digunakan sejak lama. Contohnya saja Sandi Caesar ini. Sesuai namanya ini merupakan Sandi yang digunakan oleh Julius Caesar. Bagaimana cara kerjanya Sandi Caesar ini ?
    Pertama kita harus mengubah setiap alfabet dari A sampai Z dengan sebuah bilangan dari 1 sampai 26. Contohnya sebagai berikut :
    Selanjutnya mari kita menekripsi sebuah kata. Kita ambil contoh "Pensil", setelah itu kita pilih kunci dengan salah satu huruf pada alfabet, dan kita ambil contoh "C". Sehingga dapat sebagai berikut :
    Setelah kita enkripsi "Pensil" menggunakan kunci "C" maka kita akan dapat SHQVL. Bilangan 19,8,17,22,12,15 itu merupakan hasil penjumlahan dari bilangan setiap huruf dari suatu pesan dengan bilangan dari Kunci itu sendiri misalnya C adalah 3 maka ditambah dengan 3. Lalu misalnya ketika kita menjumlahkan dan hasilnya adalah bilangan lebih dari 26 maka itu akan diulang kembali menjadi 1. Misalnya kita menjumlahkan dan mendapatkan bilangan 28, maka kita harus kurangkan dengan 26 sehingga menjadi 2.

    Lalu bagaimana cara memecahkan Sandi Caesar ini ?
    Gampang kalau kita sudah tau kuncinya. langkahnya ialah dengan membalikkan proses penenkripsian. Menjadi sebagai berikut :
    Kita kurangkan bilangan dari setiap sandi dengan bilangan dari kunci itu sendiri. Jika saat pengurangan didapat bilangan minus, maka sebelum melakukan pengurangan bilangan dari huruf pesan tersebut harus ditambah dengan 26 terlebih dahulu lalu kita kurangkan dengan bilangan dari kunci itu sendiri.

    Sekarang kita pecahkan sebuah pesan dibawah ini yang telah di enkripsi menggunakan Sandi Caesar dengan kode "D". Jika sudah ketemu komentar di bawah ya :D
    ECEQ
  2. Sandi Atbash
    Sandi ini lebih simpel dan lebih pusing sih menurut gua, karena sandi ini membalikan semua huruf secara berlawanan A menjadi Z, B menjadi W dan seterusnya. Kalo di buat tabel menjadi sebagai berikut :

    Cara menggunakannya simpel sih misalnya "Ayam" klo kita pake Sandi Atbash maka setelah kita enkripsi menjadi "ZBZN". Gitu sih, paham kan ?

    Sekarang pecahin pesan yang gua enkripsi ya hehe :D
    UZXVYLLP
  3. Sandi Polialfabet
    Sandi ini biasa disebut juga dengan Sandi Vigenère.Sandi ini bekerja hampir sama dengan Sandi Caesar, hanya saja dengan kunci yang lebih dari satu huruf, atau bahkan suatu kata yang di ulang. Contohnya seperti ini :
    Gambar diatas adalah kata "Komodo" yang saya enkripsi dengan kunci ICA, untuk kuncinya itu diulang berkali2 hingga setiap huruf didalam pesannya itu tertutup oleh kunci. Sama halnya dengan Sandi Caesar. Untuk menekripsi pesannya kita lakukan penjumlahan terhadap bilangan di setiap huruf pesan yang ingin dienkripsi dengan bilangan pada setiap huruf kunci yang kita gunakan. Contohnya saja 2 itu berasal dari 19 + 9 = 28. Hasilnya adalah bilangan yang lebih dari 26, langkah yang kita harus ambil adalah menguranginya dengan bilangan 26. maka di dapat hasil 2, dimana 2 yaitu huruf B.

    Lalu bagai mana cara memecahkannya ?
    Ya tinggal balik saja proses di atas menjadi :
    Kita kurangkan bilangan pada huruf setiap pesan dengan bilangan huruf kunci di bawahnya. Paham bukan ? hehe :D

    Yuk pecahin kode di bawah ini ya :D. Dengan kunci nya adalah "Kucing"
    XJQHSA
  4. Sandi Berlapis
    Ini merupakan sandi dengan level kesulitan sedang. Cara penekripsiannya yaitu dengan menggunakan bermacam sandi mulai dari Sandi Atbash sampai dengan Sandi Caesar.

    Contohnya yaitu :
    Gambar diatas adalah sebuah pesan yang gua enkripsi dengan 4 lapis sandi. Pesannya adalah "Carilah Pohon Jahe". Dengan 3 kunci Sandi Polialfabet yaitu Rautan, Acih, dan Komodo. Serta ditutup dengan Sandi Atbash. Yang merah adalah sebuah pesan yang telah dienkripsi.

    Lalu bagaimana cara memecahkan pesan yang telah dienkripsi di atas ?
    Gampang, kalau kamu tahu kuncinya, hehe :D
    Pada gambar di atas kamu sudah tau kuncinya. untuk proses pendeskripsian pesan yang telah dienkripsi yaitu dengan membalikkan proses penenkripsian pesan itu sendiri.

    Langkah pertama kamu terapkan Sandi Atbash pada pesan yang telah dienkripsi, A jadi Z, I jadi R, dan seterusnya. Setelah sudah semua maka kamu harus terjemaahkan kedalam bentuk bilangan. Lalu kunci pertama adalah Rautan, kamu juga harus terjemaahkan Rautan ke dalam bentuk bilangan. Lalu kamu terapkan seperti cara-cara sebelumnya. Dan seterusnya pun demikian sampai kunci terakhir "Komodo".

    Yuk pecahin pesan dibawah ini dengan Kunci Pertama yaitu : Sandi Atbash, Kunci Kedua yaitu : Penghapus, Kunci Ketiga yaitu : Putri dan Kunci Keempat yaitu : Buaya
    PEZTWGMUBSOIFASD 
  5. The Enigma Machine
    Mesin Enigma.. siapa yang tidak tahu ini ?
    hmm ini adalah kunci suksesnya Jerman dalam perang dunia ke-2. Hebat bukan ?, ya hebat namun tidak manusiawin :'(. Mesin Enigma dipatenkan oleh insinyur Jerman yang bernama Arthur Scherbius.
    Enigma berasal dari kata latin yaitu aenigma yang artinya adalah teka-teki. Mesin ini sungguh kompleks sekali, penenkripsian dan pendeskripsian suatu pesan dilakukan pada mesin ini sekaligus.

    Ada beberapa komponen didalam mesin ini yang berguna untuk penenkripsian maupun pendeskripsian suatu pesan yaitu Rotor, Plugboard. FYI, Enigma diprediksi tidak bisa dipecahkan pada saat itu. Karena memiliki kemungkinan sebuah pengaturan yang sangat-sangat tidak masuk diakal. Yaitu sebanyak  
     kemungkinan yang ada dalam setiap pengaturan yang terjadi didalam mesin ini, ditambah lagi Tentara Jerman melakukan peremajaan pengaturan sandi setiap 24 jam. Wow sekali bukan..

    Namun muncullah seorang matematikawan berkebangsaan Inggris yang mampu membuat mesin untuk memecahkan Enigma ini. Siapa yang tidak tahu Alan Turing. Ya dia adalah pahlawan perang dunia 2, beliau mempercepat kekalahan Jerman di Eropa berkat mesinnya yang sangat fenomenal. Bagaimana tidak, mesinnya mampu memecahkan Enigma dengan waktu yang sangat singkat. Wow sekali bukan :'D

Pada Intinya adalah Sandi itu mudah dipecahkan jikalau kita tau kuncinya hehe :'D. Jadi kita harus merahasiakan kuncinya agar pesan itu tidak mudah di mengerti seseorang.

Kritik dan Saran yang bersifat membangun sangat berguna bagi gua hehe :D
Jangan lupa komentar ya dari Pesan yang gua bold diatas :'D

Dan setelah membaca Artikel di atas, mari kita kode-kodein doi pake sandi di atas ya :'D siapa tau lebih PEKA :D

1 comment for "Kriptografi"