Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari Ganefo

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat hari Ganefo. :) yeay..
Loh kok ganefo sih ? sekarang kan hari Pahlawan !..

Iya sekarang hari Pahlawan namun dulu Indonesia pernah jadi motor kompetisi sekelas Olimpiade loh namanya Ganefo.

Lu semua udah tau belum apa itu Ganefo ?
Gua coba jelasin sedikit, apasih itu Ganefo. Simak ya :).



Baru-baru ini negeri kita telah sukses menyelenggarakan pesta olahraga se-Asia yaitu ASIAN GAMES 2018. Ini merupakan kali duanya negara kita kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Taukah kamu kapan kita pertama kali menyelenggarakan Asian Games ?

Ya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya yaitu pada tahun 1962. Pesta olahraga ini dilaksanakan dari 24 Agustus - 4 september. Diakhir acara Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 2 dalam hal perolehan mendali, dan sang juara ialah Jepang.

Namun dibalik itu semua ada hal kontroversional yang dilakukan Indonesia. Yaitu, Indonesia tidak mengikutsertakan Negara Taiwan dan juga Israel. Mungkin hal ini dilatarbelakangi oleh politik. Tindakan yang dilakukan Indonesia mendapat kecaman oleh Komite Olahraga Internasional (KOI). Sehingga Indonesia diskors dan tidak dapat mengikuti Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo.

Karena hal itulah Presiden Soekarnao menggagas sebuah pesta olahraga sekelas Olimpiade yaitu The Games of New Emerging Forces (Ganefo). Indonesia menjadi tuan rumah yang pertama. Acara ini dilaksanakan pada 10-22 November 1963. Sebanyak 2700 atlet yang terbagi dari beberapa Negara di Asia, Eropa dan Amerika ikut meramaikan acara ini. Tidak hanya berkompetisi dalam bidang olahraga, Ganefo memiliki beberapa program lainnya yaitu pesta seni dan tur delegasi ke beberapa wilayah di Indonesia.




Di akhir acara, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-3 dalam hal perolehan mendali. Di posisi puncak diduduki oleh RRT, dan diikuti Uni Soviet di peringkat ke-2.

Sungguh membanggakan bukan ? Indonesia pernah menjadi pelopor Pesta Olahraga sekelas Olimpiade. Walaupun sekarang sudah tertutup oleh berjalannya waktu.

Selamat Hari Ganefo :) 

Post a Comment for "Selamat Hari Ganefo"