Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Spesial Permainan Bola Voli


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo temen-temen,setelah kita telah melewati ajang ASIAN Games 2018 yang diadakan Agustus kemarin, saya ingin membahas sesuatu yang berkaitan dengan cabang olahraga yang disajikan di ASIAN Games 2018.

Nah Temen-temen, kebetulan saya sempat menonton (di televisi ;'( ) salah satu cabang olahraga yang di perlombakan di ASIAN GAMES yaitu Bola Voli. Yang saya tonton ialah Bola Voli putri (lumayan cuci mata, hehehe :D) antara Indonesia Vs Jepang. Walaupun Indonesia kalah 0-3 dari Jepang, kita harus tetap dukung INDONESIA. Siapa kita ? INDONESIA.. (pake intonasi bung valen)



Ada yang menarik nih temen-temen, mungkin temen-temen ada yang udah tau sebelumnya jika dalam permainan bola voli ada yang memakai baju yang berbeda warnanya (beda sendiri). Ternyata setelaha saya bertanya kepada teman saya dan saya sempat mencari tahu melalui berbagai sumber di internet bahwa pemain itu ialah JENG JENG JENG ... hayo tebak !!! Ya pemain itu ialah pemain yang berposisi sebagai LIBERO.

Untuk lebih lanjut yuk kita kupas hehe kayak buah aja di kupas :' (garing)

Dalam permainan bola voli ada beberapa posisi, mulai dari Server, Spiker, Tosser sampai dengan Libero. Berikut ini rinciannya :
  1. Server, posisi di mana pemainnya melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga menjadi defender atau libero.


  2. Spiker atau Smasher, pemain yang memiliki keahlian khusus untuk menyemash atau memukul bola dengan teknik yang benar ke dalam daerah musuh demi mencetak point.Tidak hanya itu Smasher juga memiliki fungsi ganda yaitu memblocking bola hasil smashan musuh.

  3. Tosser atau Set-Upper, memiliki fungsi utama yaitu pengatur serangan dalam sebuah tim bola voli. Lebih bagus lagi umpan tersebut sangat memanjakan spiker,dengan begitu spiker dengan lebih leluasa melakukan serangan yang mematikan pihak lawan.

  4. Libero Tugas utama dari seorang defender atau Libero adalah menjaga agar serangan lawan dapat dikembalikan atau ditahan pemainoleh karena itu pemain yang menempati posisi libero harus benar-benar menguasai passing atas dan passing bawah. Posisi liberi bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash. Dan uniknya pemain yang berposisi ini memakai baju dengan warna yang berbeda daripada teman setim nya.


Nah itu dia, sedikit pembahasan dari posisi posisi pemain voli, dan terlihat menonjol adalah pemain yang berposisi libero, sebab dia memakai pakaian yang berwarna berbeda daripada teman setimnya.

Sebelumnya mohon maaf baru publish karena kesibukan yang membebani saya sebagai pelajar hehe :D

Semoga bermanfaat. Kritik dan saran yang besifat membangun sangat berharga bagi saya. Jangan lupa jejakkan komennya :)

Post a Comment for "Posisi Spesial Permainan Bola Voli"