Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Donor Darah

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo teman-teman, mohon maaf nih udah sekitar 2 mingguan ga upload lagi hehe.. saya agak terbebani oleh pikiran yang membelenggu ini ;' (CURHAT SEDIKIT)

Oke temen-temen semua, kebetulan tanggal 7 agustus 2018 disekolah saya ada sebuah acara kegiatan yang bisa melatih rasa kemanusiaan temen-temen :'D.



ya itu adalah kegiatan donor darah, awalnya sih saya ragu sebab kata mamah saya, saya memiliki gejala darah rendah. Tapi bodo amat dan saya pun akhirnya memberanikan diri untuk menyumbangkan darah saya :'. Sehubung edisi sebelumnya ga donor, dan dapat cemilan juga sih setelah donor hehe :D

oke kita bahas dulu ya apasih itu Donor Darah.
Mungkin sebelumnya temen-temen udah tau pengertian dari donor darah itu apa. Saya ingin mempertegas kembali pengertian donor darah menurut laman wikipedia ialah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk tranfusi darah.



Oh iya kebetulan acara ini dibuka untuk umum loh dan ternyata banyak juga sih yang donor dari masyarakat umum , alumni dan guru juga ikutan donor, apalagi siswa-siswinya yang entah ingin menghindari KBM atau emang bener2 ingin donor hehe :D.


Partisipasi Siswa


Nah disini saya ingin kasih tau apa aja sih tahapan untuk donor darah, kan gak ujug-ujug darah lu disedot :v. Yuk simak :
  1. Pengisian Formulir, ya tahapan pertama ialah mengisi formulir mulai dari nama lengkap, No. KTP, alamat sampai nomor telepon. Kita juga harus mengisi kita memiliki penyakit tau tidak. Dan yang berumur lebih atau sama dengan 17 boleh melanjutkan ke step selanjutnya dan membawa formulirnya.
  2. Pengecekan Hemoglobin dan Golongan Darah, nah pada tahap ini terdapat penyeleksian pendonor jadi tidak semua pendonor bisa diambil darahnya. Menurut petugas yang mengecek, kadar hemoglobinnya harus diantara 12,5 sampai 17. kalau kurang ataupun lebih dari itu maka pendonor dinyatakan gugur. :D hehe. dan saya pun dinyatakan lolos pada seleksi ini 8). oh iya di step ini sembari memberikan formulir kita yang sudah diisi kepadaa petugas dan akan di isi lagi oleh petugas 
  3. Pengecekan Tekanan Darah, nah disini kita akan di cek tekanan darah kita, terus ditanya sehat atau enggak ?, tidurnya berapa lama? terus disaranin setelah donor minum teh manis dan kebetulan disediakan oleh anak PMR hehehe saya minum 3 gelas ;', 1 sebelum donor dan 2 setelah donor. . terus ita juga memberikan formulir kita kembali agar di isi oleh dokter. 
  4. Selanjutnya kita memberikan formulir kita kepada petugas, nah petugas ini akan menyiapkan kantung darah untuk kita dan sembari menunggu giliran donor.
  5. Dan jeng jeng jeng, ini dia tahapan terkahir yaitu pengambilan darah. Kita disuruh rebahan dan di usahakan kondisi rileks :). Darah kita akan diambil sebanyak 1 kantong berukuran 350ml dan ini akan menghabiskan waktu sekitar 10 menit. Oh iya posisi titik jarum untuk pengambilan darah harus berada tepat di Vena tidak hanya di lengan bisa di leher dan juga paha.
Gambar Tahap 2

Gambar Tahap 3
Gambar Tahap 4



FYI, ternyata darah kita akan diambil sebanyak 3 botol kecil untuk  dicek kembali dan beruntungnya kita apabila didalam darah kita terdapat sebuah penyakit yang menular melalui darah, maka kita akan diberi tau melalui No. telepon yang sudah kita isi di formulir. 

Pengambilan Sampel Darah

Oh iya ada beberapa manfaat nih jika temen-temen ruting mendonorkan darah kalian :
  1. Mengurangi penyakit jantung
  2. Membakar kalori
  3. Menurunkan resiko kanker
  4. Meningkatkan produksi darah
  5. Pikiran lebih stabil
  6. Bagian dari periksa kesehatan
  7. Menurunkan kolesterol
  8. Menurunkan BERAT BADAN
Ketua Pelaksananya (Kanan)

Nah insyaallah 3 bulan lagi akan ada acara donor darah khusunya di SMAN 94 Jakarta semoga terealisasi hehe :'D dan saya bisa donor kembali.

Oh iya tulisan saya diatas yaitu berdasarkan pengalaman saya saat mendonor di sekolah saya, mungkin akan ada sedikit perbedaan jika temen-temen mencoba mendonor di tempat lain :).

6 comments for "Donor Darah"