Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dibalik "Zodiak" LEO (OEL)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

               Ini merupakan artikel ke-3 saya dan mungkin ini spesial hehe kayak martabak aja :v.

               BTW disini saya akan bahas tentang Rasi/Konstelasi/Zodiak Leo. Sebenernya saya ingin sekali mengupas tuntas tentang Rasi Leo ini, namun karena keterbatasan waktu jadi saya akan membahas kulitnya saja, namun lain waktu saya akan bahas tuntas :).
             
               Oke pertama,  kita sepakatin dulu Leo dengan memanggilnya dengan sebutan "Rasi Leo" (lebih biasa aja :D). Dimana kita tahu bahwa rasi merupakan kumpulan beberapa bintang yang dihubungkan dengan sebuah garis imajiner sehingga menghasilkan gambar imajinasi seperti : singa, kalajengking ikan, dan lain-lain.

               Rasi Leo terdiri dari beberapa bintang yaitu, Algenubi, Rasalas, Adhafera, Algieba, Al'dzhabkhakh, Regulus, Zosma, Chertan dan Danebola.


               Gambar diatas saya ambil dari screenshotan di software Stellarium, dan juga temen-temen bisa lihat komposisi bintang yang menyusun Rasi leo.

               Perlu temen-temen tau, bahwa α dari Rasi Leo adalah bintang Regulus, bintang ini memiliki magnitudo 1,35. yang artinya masih bisa dilihat dengan mata telanjang namun tentunya dengan kondisi tempat pengamatan yang bebas dari polusi baik cahaya maupun udara. Bintang Regulus ini memiliki jarak 77,5 tahun cahaya dari bumi.

               Bintang Regulus masuk kedalam kelas bintang B7 , dimana Bintang Regulus memiliki suhu permukaan 10.000 K.  serta memiliki massa sekitar 3,5 matahari dengan diameter 3,2 matahari.

             
               Bintang Regulus merupakan sistem multi bintang yang terdiri dari 4 bintang yang tergabung dalam 2 pasang bintang. Regulus A dengan pasangannya yang belum diamati serta Regulus B dan Regulus C. Dimana Regulus B dan C tidak seterang Regulus A, oleh karena itu sangat sulit diamati.


               Sekarang perhatikan tabel di bawah. secara Astrologi terdapat 12 Rasi namun dalam Astronomi terdapat 13 rasi. Ternyata akan ada perubahan Zodiak dari seseorang nih temen-temen heheh :D, oke kita ambil tanggal 4 Agustus (cie :v) pada sistem tradisional 4 Agustus masuk ke dalam Zodiak LEO namun pada sistem Astronomi 4 Agustus masuk kedalam Cancer. Nah berubah kan ?.

               Oke kita bahas kenapa sih Zodiak hanya ada 13 rasi dari 88 Rasi yang ada ?. ada yang tau?Nah, kenapa sih hanya 13 rasi ? itu di tentukan dari garis edar matahari dalam setahun. Ternyata dalam 1 tahun garis edar matahari melewati sebanyak 13 rasi, dengan durasi yang berbeda (perhatikan tabel di atas). Nah kenapa orang yang lahir pada 4 Agustus menjadi berzodiak Cancer bukan Leo ?. Oke mari perhatikan gambar di bawah ini :D.

           
                 Gambar diatas diambil  pada tanggal 4 Agustus 2018 pada pukul 00.00 tepat dan bertitik pengamatan di kota Jakarta pada software Stellarium, bahwa matahari masih berada pada wilayah rasi Cancer. Dimana kita bisa menyimpulkan bahwa orang yang lahir pada tanggal 4 Agustus memiliki Zodiak Cancer secara Astronomi.

               Namun semua itu tidak terlepas dari kepercayaan kita sendiri mau mengacu pada Astrologi dengan 12 rasi atau kepada Astronomi dengan 13 rasi. :D

               Oke sebenarnya saya ga terlalu suka membahas ini, namun ini menarik sekali unutk temen-temen tau. Saya ambil ini dari bebeapa artikel yang saya simpulkan. Nih katanya ya, menurut mitologi yunani Rasi Leo itu ada karena Dewi Hera yang mengirim jiwa Singa Namea ke Angkasa karena di bunuh oleh Hercules. FYI, katanya lagi Singa Namea ini sering meneror warga bahkan membunuh warga tersebut, namun untungnya Hercules mendapatkan tugas dari Raja Euristheus salah satunya yaitu membunuh Singa Namea. Membunuh Singa Namea tidaklah mudah, karena Singa Namea memiliki kulit yang sangat tebal dan kuat sehingga tubuhnya tidak bisa di tembuh senjata apapun. Ajaibnya Hercules mampu membunuh Singa Namea dengan mencekiknya, setelah terbunuh Hercules merobek kulitnya dengan gigi sang Singa tersebut dan mengenakan kulit itu sebagai jubahnya serta Hercules melanjutkan petualangannya dengan pedang yang berasal dari cakar sang Singa Namea tersebut.


 Nah itu lah sedikit pembahasan dari Rasi/Zodiak/Konstelasi Leo smoga bermanfaat :).
Kritik dan Saran yang bersifat membangun dari temen-temen semua sangat bermanfaat sekali bagi saya dan selamat Hari 4 Agustus :).

Post a Comment for "Dibalik "Zodiak" LEO (OEL)"