Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari ASI Sedunia (Internasional)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apakah temen-temen tau tentang hari ASI Sedunia ?
Tanggal berapa hari itu di peringati ?



               FYI, peringatan Hari ASI Sedunia jatuh dirayakan setiap tanggal 1 Agustus, dan setiap tahun memiliki tema nya tersendiri. Untuk tahun 2017 memiliki tema " Sustaining Breastfeeding Together", pada tahun 2016 memiliki tema "Breasfeeding : A Key to Sustaining Development", pada tahun 2015 memiliki tema "Breastfeeding and Work, Let's Make It Work".

               Nah disini saya tidak akan bahas tema hari ASI sedunia apa yang akan dibahas tahun ini. Namun saya akan menelusuri mendalam tentang ASI.

               Siapa sih yang tidak tau apa itu ASI ?. sebagian besar kita tahu bahwa ASI merupakan sebuah singkatan dari Air Susu Ibu. ASI tercipta karena adanya rangsangan dari hormon prolaktin, sehingga ASI dapat terbentuk pada daerah alveoli.dimanasih letak alveoli itu ?, temen-temen bisa liat pada gambar dibawah ini.


               Oke next, kita akan bahas kandungan ASI ?
           
               Bisa temen-temen lihat bahwa banyak sekali kandungan pada ASI. Mulai dari Kalsium yang bagus sekali untuk kesehatan tulang, Fosfor yang membantu kinerja ginjal, dan masih banyak lagi yang tidak bisa kita bahas satu persatu.
               Nah kita sudah tau bahwa ASI itu untuk bayi ya bukan ayah :D . Jadi kita akan bahas manfaat ASI bagi bayi. Disini saya akan mengutip dari sebuah laman web yang saya rangkum yaitu sebagai berikut :
  1. Banyak sekali kandungan dari ASI yang baik untuk Ayah, eh salah deh untuk bayi :D hehe .. contohnya : DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim. Ajaibnya ASI mampu menakar itu semua dengan porsi yang pas untuk bayi.
  2. ASI juga mnenjadi sarana bagi seorang ibu menyatukan jiwanya dengan sang buah hati, sehiangga memiliki kedekatan tersendiri. Apalagi anak pertama hehe :D, sekalian berlatih menjadi seorang ibu. 
  3. ASI memiliki fungsi yang sangat menarik, yaitu ASI dapat mengaktifkan sistem imun seorang bayi. Sehingga bayi dapat terhindar dari sebuah penyakit.
  4. Bisa temen-temen bayangkan bahwa ASI itu tidak pernah bisa basi hehe :D karena selalu di produksi setiap waktu dan tidak terkontaminasi bahan kimia.

           

               Setelah kita bahas manfaat ASI bagi bayi. Selanjutnya mari kita bahas apa yang terjadi apabila seorang bayi tidak di beri ASI, Disini saya mengambil dari laman web dan saya rangkum sebagai berikut :
  1. Bayi akan tidak terkontrol nutrisi yang masuk sehingga dapat menakibatkan obesitas bagi bayi.
  2. Bayi dan seorang ibu tidak akan memiliki kedekatan yang baik.
  3. Bayi akan mudah terkena serangan penyakit.
                Menurut UNICEF, menunda menyusui 2 hingga 23 jam setelah melahirkan meningkatkan risiko bayi meninggal sebesar 40%. Sementara menunda 24 jam atau lebih meningkatkan risiko kematian hingga 80%.


Oke yang terakhir kita akan bahas ASI vs Susu Formula :D
             
               Seperti tertulis dalam situs www.babycenter.com, salah satu perbedaan mencolok antara bayi yang diberi ASI dan bayi yang diberi susu formula adalah dalam hal kecepatan perkembangannya. Dijelaskan di situs ini, bayi yang hanya diberi ASI akan tumbuh lebih cepat pada tiga hingga empat bulan pertama jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.
Namun, setelah lewat sekitar empat bulan, perkembangan mereka akan menjadi lebih lambat. Sehingga, ketika bayi berusia satu tahun, berat rata-rata bayi yang diberi ASI akan lebih ringan daripada para bayi yang diberi susu formula.

               Setelah menyimak artikel di atas, dan temen-temen sudah tau kelebihan dari ASI yuk mari kita berikan ASI kepada buah hati kita, agar buah hati kita sehat dan kitapun memiliki kedekatan dengan sang buah hati.

Thanks, yang sudah mengunjungi blog ini semoga bermanfaat :). 

2 comments for "Hari ASI Sedunia (Internasional)"

  1. Kenapa harus thanks? Kan terima kasih lebih formal dan cinta indonesia juga.. Saran ya kakak

    ReplyDelete