Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerhana bulan 28 Juli 2018

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai guys, mungkin ini tulisan pertama gua. Gua bakal nulis tentang gerhana bulan nih, kebetulan pada akhir pekan ini kita akan ada fenomena gerhana bulan yang cukup menarik, unik dan sayang sekali buat temen-temen lewatkan.


Kak gerhananya kapan terjadi ?

Gerhana  bulan ini terjadi pada tanggal 28 juli 2018 tepatnya pada pukul  00.14 WIB sampai 06.28 WIB (Gerhana bulan terlama di abad ke-21 dengan durasi 6 jam 14 menit), dengan puncak gerhana pada pukul 03.21 WIB yaitu saat bulan full tertutup atau masuk dalam wilayah umbra dan temen-temen bisa lihat bulan bewarna full merah. Temen-temen bisa menikmati bulan yang bewarna merah total selama 1 jam 42 menit. Namun bagi temen-temen khususnya di kota Jakarta ,tidak bisa mengamat sampai selesai sebab matahari akan terbit pada pukul 06.04 WIB.

Kak gerhananya bisa di amati di mana saja ?



Berdasarkan data yang saya ambil dari https://eclipse.gsfc.nasa.gov/lunar.html, Gerhana bulan ini bisa kita amati di wilayah S.America, Europe, Africa, Asia, Aus. Khusus Indonesia bagian barat (Aceh) temen-temen bisa mengamati gerhana bulan ini sampai selesai :).
s


Kak kenapa kok gerhananya lama banget sih ?



Bisa kita lihat lintasan bulan melewati pusat lingkaran umbra (yang bewarna merah), dimana kita tahu apabila ada garis yang berasal dari sisi lingkaran dan melalui pusat lingkaran maka garis itu merupakan garsi terpanjang. Oleh kaarena itu gerhana kali ini memiliki durasi yang panjang.

Perlu temen-temen tahu bahwa gerhana kali ini memiliki keunikan yang sangat istimewa :

  1. Bulan akan berada pada jarak terjauhnya dari bumi. Yaitu berjarak 400 ribu KM dari bumi.
  2. Oposisi planet mars, dimana mars, bumi dan matahari hampir berada dalam satu garis lurus.
  3. Planet mars akan terlihat sangat terang dan menjadi benda langit paling terang ke 3 pada Jum’at malam tanggal 27 Juli 2018.
  4. Akan ada hujan meteor δ-Aquariid namun temen-temen harus teliti karena meteor akan terlihat sekejap dan pada kondisi langit yang sangat cerah serta harus terbebas dari polusi cahaya dan juga udara.


Bisa temen-temen lihat bahwa gambar diatas merupakan cuplikan puncak gerhana bulan 28 juli 2018 dengan posisi pengamatan di Jakarta.

11 comments for "Gerhana bulan 28 Juli 2018"